kami hadir untuk pelajar / siswa yang ingin menjadi muslim sejati yang ingin belajar islam dan menjadi pelajar berprestasi dan mengemban dakwah remaja

Sebel banget rasanya. Hidup serasa burung dalam sangkar. Mau melakukan apa saja selalu gak bebas. Mau gini gak boleh. Mau gitu harus begini. Apalagi yang begitu-gitu.

Beda banget dengan seekor burung di alam lepas. Terbang di atas langit tanpa batas. Hinggap di dahan manapun tanpa ada yang melarang. Meliak-liuk di udara sesuka hati. Bersalto kesana kemari. Pokoknya bebas lepas tanpa beban.

Jadi manusia memang seperti burung dalam sangkar. Apa-apa ada aturannya. Tiap hari harus ke sekolah, ngerjakan PR, harus ginilah, harus gitulah. Yang jelas hidup terkekang banget deh. Entah itu aturan sekolah, aturan masyarakat, ataupun aturan agama. Pokoknya gak bebas melakukan apa-apa.

Makanya gak heran kalo banyak pemuda yang pakai slogan “Hukum ada untuk dilanggar”. Kalau gak nglanggar hukum gak seru dan gak asik. Mulai dari coba ngelanggar tatib di sekolah sampai ngelanggar hukumnya Allah. Tak lupa setiap kali melanggar selalu aja rasa bangga. Nah kalo Greensoulid semua termasuk para pelanggar hukum, ada baiknya ngikuti tulisan yang mau lewat berikut ini.

Kalau Greensoulid semua mengingat pelajaran PkN, pastinya gak akan lupa dengan istilah hak. Apalagi di jaman moderinasi dan globalisasi kayak sekarang ini. Istilah hak bolak balik muncul di layar kaca maupun berterbangan di udara.

Eits, sebelum kita lanjut nih, pada inget kagak hak tu makanan apa ? Jangan-jangan udah ngobrolin hak panjang lebar ada yang gak tau artinya apa. Hak itu secara singkat merupakan temennya kewajiban. Kalau tambah bingung gini nih, hak itu adalah sesuatu yang boleh dilakukan atau boleh ditinggalkan atau sesuatu yang dimiliki oleh seseorang. Hak-hak yang dimiliki manusia itu macem-macem dan banyak jumlahnya. Mulai dari hak bisa hidup di dunia, hak mendapat kasih sayang, hak untuk bersekolah, hak berpendapat, dan lain-lainnya. Saking banyaknya hak yang kita miliki sebagai manusia, banyak orang yang mengganggap hak manusia itu tidak terbatas dan bahkan bisa dikatakan manusia bebas melakukan segala sesuatu.

Kebebasan melakukan sesuatu memang sekarang sedang ngetrend saat ini. Trend kebebasan ini mulai muncul sejak negeri yang bernama Amerika Serikat nonggol di muka bumi. GreenSoulid pasti  tau kan awal mulanya Negara Paman Sam itu. Kalo gak tau gini nih cerita singkatnya. Negara Amerika dimulai dari petualangan kapten Colombus untuk mencari rute baru menuju asia terutama india dan malaka. Namun bukannya sampai di india, Colombus malah nyasar ke tanah baru yang akhirnya dinamai benua Amerika. Sejak saat itu mulailah terjadi perpindahan penduduk masal dari eropa menuju Amerika. Perpindahan penduduk ini bukannya tanpa tujuan dan tanpa arti. Sebagian besar orang yang pindah ke Amerika tidak mengharap dapat duit banyak atau bias kaya raya. Tapi mereka berharap mendapat kebebasan di tanah baru itu. Makanya ketika berdiri Negara di sana kebebasan menjadi kuncinya.

Namun sejarah kebebasan bukan di mulai dari berdirinya Amerika aja. Sejak jaman dulu sudah banyak orang-orang bahkan sekelompok orang atau bahkan Negara yang menghendaki kebebasan. Karena pada dasarnya semua orang pingin bebas sebebas-bebasnya tanpa aturan yang mengikat.

Pinginnya manusia memang seperti itu. Bisa hidup seperti burung yang bebas terbang di langit manapun yang dia inginkan. Tapi kenyataannya kita gak bias hidup bebas seperti itu. Di samping kanan kiri kita masih ada orang lain. Setiap perbuatan yang kita lakukan juga pasti ada sambungannya dengan orang lain.

Kalaupun kita di bumi hidup sendirian aja, kita tetep gak bisa berbuat seenaknya. Karena secara gitu, kita masih berhubungan dengan alam sekitar kita. Kita gak mungkin bisa hidup tanpa bantuan alam sekitar.

Nah karena manusia di dunia ini butuh berinteraksi dengan manusia lainnya maupun alam sekitar, maka muncullah yang namanya peraturan. Perturan inilah yang mengatur agar hak setiap orang tidak mengganggu orang lainnya.

Coba kalo kita hidup tanpa ada peraturan. Kita pasti akan hidup dengan seenaknya. Akibatnya banyak orang yang dirugikan karena perbuatan kita. Kita sendiri juga akan sering marah-marah karena orang lain juga akan berbuat sama kepada kita. Belum lagi kerusakan bumi yang tambah parah. Wong ada peraturan aja bumi udah rusak, gimana kalo sampai gak ada peraturannya.

Maka udah jelas bahwa yang namanya peraturan itu wajib adanya. Di manapun kita pasti ada peraturan. Bahkan di Negara yang menjunjung tinggi kebebasan tetep aja punya peraturan.

Peraturan macemnya banyak dan berbeda-beda. Disetiap tempat selalu ada peraturan yang berbeda. Di sekolah ada peraturan tata tertib sekolah. Di rumah ada peraturan rumah. Di masyarakat ada peraturan social atau tata karma. Di Indonesia ada hokum yang harus dipatuhi.tentu peraturannya beda dengan yang di rumah. Pokoknya disetiap tempat selalu ada peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak.

Setiap peraturan punya fungsinya sendiri-sendiri. Peraturan Negara untuk mengarur kehidupan bernegara dan kehidupan di tempat umum, peraturan keluarga untuk menjaga keharmonisan keluarga, peraturan sekolah dibuat untuk menjaga ketertiban sekolah dan bersifat mendidik.

Ketika kita melanggar sebuah peraturan maka yang kena efeknya bukan siapa-sipa melainkan orang-orang di sekitar kita dan diri kita sendiri.

Nah terus gimana dengan peraturan agama ? Kalo peraturan sekolah untuk di sekolah, peraturan rumah untuk di rumah, peraturan negara untuk di negara itu, terus gimana kalo peraturan agama ? Biasanya sih banyak dari kita yang menjawab peraturan agama tempatnya di masjid aja. Nah ini yang salah.

Agama terutama islam tu bukan buat di masjid aja. Apalagi cuma sholat, puasa, dan zakat aja. Coba kita inget-inget pelajaran di tk kita. Berapa banyak doa yang harus kita hafalkan. Itu Cuma doanya aja belum lagi tata cara yang gak keitung jumlahnya. Mau masuk kamar mandi ada doanya sendiri. Selain itu masuk kamar mandi juga ada caranya. Mulai dari kaki mana yang masuk duluan sampai keluarnya kaki mana duluan. Itu dari kamar mandi aja, belum lagi masalah bangun tidur, makan, sekolah, bahkan sampai tidur lagi, semua ada aturannya dalam islam.

Apalagi yang namanya peraturan islam itu diciptakan oleh sesuatu yang menciptakan alam semesta ini. Makanya gak heran peraturan yang dibuat berlaku di semua tempat selama di alam semesta ini. Selain itu peraturan ini juga berlaku kapanpun. Makanya kita gak pernah mendengar ada Al-Quran di revisi kan? Itulah hebatnya sumber hukum kita. Meskipun ilmu pengetahuan berkembang, al Quran tetap terbukti kebenaranya. Padahal gak sedikit lho ayat-ayat yang menyinggung masalah ilmu pengetahuan.

Dan memang manusia dari jaman dulu sampai sekarang gak ada yang berubah. Buktinya manusia jaman dulu tetap seperti kita sekarang. Pada diri kita pun gak tumbuh tanduk, ekor, atau tambahan organ lain kan. Secara sifat manusia juga sama. Masih ada yang rakus, serakah, suka korupsi. Semuanya dari jaman dulu juga udah ada. Pembunuhan, perampokan, pencurian, bahkan perang dari dulu sampai sekarang juga gak berubah.

Terkadang kita merasa manusia dulu dan sekarang dari pakaian dan teknologinya. Emang sih dari teknologi manusia selalu berubah. Dulu gak ada internet, sekarang udah ada. Begitu pula dengan pakaian. Kalo dulu pakaian lebih tertutup, sekarang udah buka-bukaan kayak orang jaman purba. Tapi tu hanya tampak luarnya. Dari dalem manusia tetap sama.

So udah jelas kan. Aturan tertinggi dan terhebat pastinya aturan Islam. So pastilah. Karena hanya aturan islamlah yang asli buatan Allah dan dipergunakan untuk seluruh manusia mulai dari jamannya nabi Muhammad sampai nanti kiamat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: