kami hadir untuk pelajar / siswa yang ingin menjadi muslim sejati yang ingin belajar islam dan menjadi pelajar berprestasi dan mengemban dakwah remaja

UJIAN DATANG (II)

Ujian Nasional tinggal menghitung detik. Bukan lagi jam maupun menit. Meskipun UAN sudah mepet banget, bukan berarti kita udah pasrah dan gak bisa apa-apa. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika UAN menjelang.

1. Rilekskan diri dan pikiran

Sudah sekian bulan pikiran kita diisi dengan soal, soal dan soal. Sumpek banget rasanya. Bahkan mungkin sekarang otak serasa sudah overload atau malah udah overload duluan. Maka dari itu saatnya kita rilekskan pikiran kita. Segala pelajaran yang sudah kita terima dan segala soal yang sudah kita kerjakan sebenarnya sudah menempel erat di otak kita. Cuman masalahnya bisakah kita mengambilnya ketika dibutuhkan. Nah ketika diri kita stress ataupun panic jalan menuju memori akan menyempit. Akibatnya segala memori akan susah keluarnya. Nah lho gawatkan jadinya. So saatnya rileks. Tenangkan pikiran dan tubuh dengan aktivitas ringan. Kalo perlu hindari buku-buku pelajaran selama beberapa  saat.

2. Perbanyak istirahat dan datang tepat waktu

Nah ini juga yang gak boleh lupa. Percuma kita udah menyiapkan UAN sejak lama tapi pas hari H kita jatuh sakit. Jangan sampe’ kejadian itu terjadi pada kita. Apalagi kalo sakit itu karena ketelodoran kita atau karena kita memaksakan diri.

Dengan memperbanyak istirahat kita juga dapat lebih fress datang di hari H dan juga dapat datang tepat waktu. Datang tepat waktu juga penting. Bukan karena ‘posisi menentukan prestasi lho’. Jika sampai kita datang terlambat maka besar kemungkinannya kita panic dan akhirnya kita gak bisa mengerjakan soal. Gak pingin kan kita ngerjakan soal dalam kondisi panic seperti itu.

3. Persiapkan segala alat tulis dan keperluan lainnya

Perlengkapan UAN adalah hidup dan mati bagi para pelajar. Meskipun kita dibekali otak paling canggih sekalipun tanpa pensil dan penghapus mustahil bisa lulus UAN. Apalagi kalo sampai kita gak mempersiapkan segala kebutuhan itu sejak awal. Bisa bingung sak karepe dewe ketika pengawas sudah masuk atau bahkan ketika ujian sudah dimulai. Nah ini yang akan mengganggu kita. Apalagi dalam UAN kita gak boleh pinjam meminjam alat tulis. Maka segala keperluan sudah harus siap sedia.

Selain alat tulis persiapan lainnya juga perlu. Kalau kita butuh bawa makanan atau minuman ya dibawa aja. Jam tangan bisa dibawa bisa tidak. Kalau kita orang yang gampang panic, mending gak usah bawa jam tangan. Karena kalo kita melihat jam terkadang kita malah panic dan akhirnya binggung gak karuan.

4. Berwudhu sebelum masuk ruangan

Nah ini sarang terakhir. Wudhu selalu diikaitkan dengan sholat. Tapi gak mesti lho. Dengan wudhu minimal hati kita akan lebih tenang. Selain itu dengan berwudhu tubuh kita akan lebih segar sehingga badan akan lebih rileks menghadapi ujian.

Nah itulah sedikit tips buat kamu-kamu yang mau UAN.Semoga bermanfaat dan Semoga lulus dengan nilai yang memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: