kami hadir untuk pelajar / siswa yang ingin menjadi muslim sejati yang ingin belajar islam dan menjadi pelajar berprestasi dan mengemban dakwah remaja

Alhamdulillah, Saya Sehat !!

Pagi ni, si Meta bangun pagi dengan kepala agak berat. Dipeganglah jidatnya, “Ya ampun, anget”. Gimana nih? padahal minggu-minggu ini padet banget. Apalagi hari ini. Nanti jam 3-4 ulangan fisika, jam 7-8 ulangan mat. Abis itu bimbel disekolah ampe sore. Sorenya rapat OSIS. Malem ngerjain tugas Kimia. Paginya harus…. Aduh rasanya kepala mau meletus.

Kamu juga sibukers kayak si Meta? Sibukers alias sibuuuk banget. Mulai dari urusan sekolah, bimbel, les privat, ekskul, organisasi, tugas sekolah, ato ada yang nyambi kerja. Akhirnya kamu jadi sakit-sakitan. Sakitnya terjadwal banget. Pokoknya tiap sebulan, kalo nggak 2 atau 3 kali mesti sakit. Entah itu sakit maag, pusing, flu, pegel-pegel ato mungkin cirit-birit alias diare. Semuanya mesti teratur ngmpirin kita tiap bulan. Tapi di sini kita bukannya mau jualan jamu lho, tapi kita ngomongin gimana sih biar tetep bugar… meski sibuk.

  1. Yang paling utama adalah atur cara mikir kita tentang diri kita. Jangan gampang bilang capek atau aduh, suka mengeluh. Itu bikin daya tahan tubuh lemah. Orang nglakukan sesuatu pasti diawali dengan mikir dulu. Tul ga? Sebelum kita berbuat, kita pasti berpikir dulu. Entah mikirnya cepet mpe g kerasa klo lagi mikir (biasanya yang ini karena udah kebiasaan) ato kadang lolaa banget, mpe ketinggalan kereta. Orang bisa berbuat kliru, biasanya karena mikirnya kliru dan sebaliknya. Jadi bagaimana kita berpikir itu sangat penting. Sekali lagi, bagaimana cara kita berpikir itu suangat penting. Trus apa hubungannya?Ya ada hubungannya. Yaitu bahwa cara kita mikir terhadap diri kita itu, akan menentukan apakah kita akan KO nantinya atau malah survive. Buktinya tubuh kita juga dipengaruhi gimana kita berpikir. Coba bayangin, seandainya kita menghadap ke sebuah piring, berisi mangga muda yang diiris tipis-tipis, yang rasanya aaseem buanget, trus ditaburi sama air asem. (air liurmu keluar ga). Tuh kan. Kita cuman berpikir gitu aja, tapi organ pencernaan kita udah ngerespon kayak gitu. Padahal dalam sehari kita mikirnya udah macem2. Paham ga? Tapi kalau emang tubuhmu bener2 ga kuat (konon, bisa dicek dari urat-urat di bawah telapak tanganmu-di pergelangan tangan. Kalo biru2nya keluar semua artinya tubuh kita emang lagi stres), kita bisa beristirahat secukupnya dan usahakan istirahatmu berkualitas. Dengan merilekskan otot2 tubuhmu, atur nafas, banyak menghirup oksigen. Dan berdzikir pada Alloh mohon kekuatan.
  1. Pake sandal bergerigi pas di rumah. Eit, tapi kita bukan sales dari pabrik sandal lho. Tapi emang benar. Peredaran darah kita bisa lebih lancar dengan pijatan di kaki. Kalau kamu merasa sakit pas pake itu sandal, artinya ada something wrong di tubuk kamu. Tapi gpp, kamu terus pake aja sandal itu, ditekan2 terus di bagian yang sakit. Insya Alloh kamu bakal ngrasa ada aliran yang bikin rileks di tubuhmu. Kalo kamu ga suka, ada baiknya kamu jadwalkan pijet secara teratur ke tukang pijet yang profesional. Ha… ha… jangan ketawa. Ternyata pijet emang bisa menormalkan fungsi organ2 kita yang mungkin udah aus di sana-sini. Percaya ga percaya.
  2. Sering baca buku tentang kesehatan dan terapin. Lebih baik menjaga kesehatan dengan yang tradisional aja, jgn yang kimia2 buatan, karena biasanya ada efek sampingnya. Minum suplemen yang alamiah aja, misalnya madu, buah2an ato sayur2an. Vitamin C bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Itu bisa kita dapet dari buah2 an kayak jambu, jeruk, cabe merah yang ditumis (jangan dimakan mentah2). Konon jambu biji dan cabe merah mengandung  vit C dosis tinggi. Jadi bagus untuk daya tahan tubuhmu. Hindari minum suplemen dari tablet atau kapsul2. Yang alamiah aja kale.
  3. Coba obati dirimu dengan cara yang aman. Kamu bisa dapet caranya dari buku2 pengobatan yang valid, atau dari pengalaman2 yg bisa dipercaya. Misalnya kalo maag, sering2 aja makan makanan yg mengandung bawang putih. Cz kandungan bahan kimia di bawang putih bisa melapisi lapisan lambungmu yang mungkin udah lecet2.  Masalah lecet2 di usus, kamu bisa makan makanan yang mengandung kunyit. Kalo pusing cari penyebabnya, cek apakah tadi pagi udah BAB, coz kl racun ditubuh g segera dibuang bisa bikin tubuh keracunan, efeknya bisa pusing. Atau cek tidurny gimana, kadang tidur kebanyakan bikin pusing, kurang tidur jg bikin pusing, atau tidur dengan posisi atau pakaian yang ketat yang bikin aliran darah kurang lancar. Ato cek makanan kita, apakah kita memakan makanan yg mengandung MSG atau bahan kimia lain. Kadang dampaknya bisa langsung pusing. Ato kita yg darah rendah, jangan-jangan habis makan timun, bengkoang, melon ato semangka. Ato yg darah tinggi, habis makan sate kambing. Kalo tekanan darahmu ga normal kamu bisa pusing memang. Kita ga harus menghindari makanan2 itu. Cuma kudu nyeimbangin semua. Yg darah rendah boleh kok makan semangka, tapi abis itu tekanan darah harus dikembalikan, bisa dengan makan sate kambing ato makan yang asin2. Tapi kalo sakitmu parah, misalnya demam berdarah, kamu harus segera bawa ke dokter yang bisa dipercaya.
  4. Sarapan sebelum beraktivitas. Ada pepetah lebih baik ga makan malam daripada ga sarapan. Karena untuk aktivitasmu kamu butuh sumber energi. Ga harus banyak kok sarapannya. Yang penting sarapan aja
  5. Banyak berdoa minta tubuh yang sehat biar bisa lebih banyak beramal baik. Kalo kita sakit, itu emang bukan sesuatu yang mesti gimana gitu. Tapi, coba deh dipikir. Kalo kamu sering sakit, kamu akan banyak kehilangan waktumu untuk banyak berbuat baik. Sayang kan.
  6. Jaga pola hidup. Makan makanan yang halalan thoyyiban. Cek kehalalan makananmu juga kethoyyibbannya. Ada zat2 berbahaya ga. Misalnya kayak di mie instan. Konon racun2 yang ada di dalam mie instan (pengawet buatan, MSG delele) untuk menetralkannya, dibutuhkan minimal 2 galon air murni. Wacks. Tidur pas skitar 3-4 jam. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Olahraga atau peregangan teratur, kamu ga kudu ikut senam erobics kok. Kamu bisa olahraga sekaligus bersih2, misalnya nyapu, nyuci, ngepel dll. Pokonya kasih kesempatan tubuh kamu untuk berkeringat secara alami, bukan dengan mandi uap ato makan sambel lho.
  7. Jadwalkan semua kegiatan. Bikin skala prioritas. Bagi seorang muslim, prioritas kita adalah yang wajib diprioritaskan daripada yang sunnah. Yang sunnah diprioritaskan daripada yang mubah dan seterusnya. Yang harom bukan diprioritaskan, tapi kudu ditinggalkan. Selain ga bermanfaat, malah bikin rugi, bikin banyak dosa. Misalnya kamu kudu mjadwalkan kegiatan wajib kamu seperti belajar agama yang hukumnya fardlu ‘ain, belajar sains yang hukumnya fardlu kifayah, dan kegiatan2 lain, seperti jalan2 ke mol, baca komik. Jadi mana yang harus kita lakukan. Jangan mpe waktu kita terbuang untuk yang sia2. ga da gunanya di dunia dan di akherat
  8. Kerjasama dengan teman untuk melakukan pekerjaan. Tapi pekerjaan yang emang sah untuk dikerjain bareng. Ga kayak nyontek pas ujian dan sejenisnya. Kerjasama bisa bikin kita cepet dan mudah menyelesaikan pekerjaan, juga bikin kita smangat dalam bekerja. Tapi emang teman2 yang kamu pilih juga kudu temen yang punya niat baik yang sama denganmu. Jangan malah kerjasama itu menimbulkan masalah buwat kita.
  9. Sempetkan beristirahat di sela2 waktumu barang 5-10 menit. Isi tubuhmu dengan oksigen, konon waktu kita berpikir, otak mengambil 25% oksigen tubuh. Jadi normalkan dengan rilekskan tubuh, ambil nafas, biarkan otot2 mengendur. Dan setelah fresh, kamu bisa kembali beraktifitas.
  10. Jangan cengeng, dan terlalu khawatir dengan dirimu. Percaya deh kita itu kuat kok, cara mikir kita yg kayak gini, insya Alloh bikin daya tahan tubuhmu meningkat. Misalnya bwt anak cewek yang biasanya pas PMS, perut mules ga karu-karuan. Ternyata obatnya bukan dengan tiduran lho. Itu malah bikin tambah sakit. Tapi obatnya adalah jalan-jalan dan buat dirimu hangat, dengan banyak bergerak. Hadapi sakitmu dengan tegar. Ok.
  11. Kalo emang udah ga kuat segera cari cara mengembalikan tubuhmu biar sehat lagi. Jangan cuman diam aja. Suatu saat ketika sakit, orangtua malah bilang, “Kalo ga bisa ngatur kesehatan, kita aja yang atur kesehatan kamu. Sudah besar kok ga bisa jaga diri” atau kadang dibilang, “masak kalah sama penyakit”. Atau bilang, “Penyakit kok dipelihara, penyakit kok dimanja, lawan gitu lho”. Tapi ternyata bener, kata2 itu meskipun awalnya nylekit, tapi kita bisa kok jadi lebih kuat. Hmphh….

Jadi gimana kabarmu hari ini? Alhamdulillah, SAYA SUKSES, SAYA MAMPU, SAYA BISA, I CAN DO EVERYTHING, BERSAMA ISLAM KITA BANGUN MASA DEPAN, Oooo YES ALLOHU AKBAR !!!!

(fat)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: